Uncategorized

PT Rifanfinancindo | Sepi Pembeli, Penjual Pernak-pernik Haji Ganti Barang Dagangan

PT Rifan Financindo – Jakarta Batalnya perjalanan haji dan umroh di tahun 2020 ini akibat pandemi virus Corona (COVID-19) langsung ‘menampar’ para pedagang pernak-pernik dan peralatan haji di Pasar Tanah Abang. Bahkan, para pedagang mengaku untuk produk pernak-pernik dan peralatan haji kini nihil pembeli.

Hal itu diungkapkan oleh salah satu pedagang pakaian haji dan umroh yang bernama Sunarto. Bahkan, Sunarto merombak habis penataan tokonya, dari biasanya memajang pakaian haji, kini hanya perlengkapan sholat.

“Nggak ada pembelian (peralatan) haji sama sekali. Kita malah ganti mukena total. Biasanya yang display itu alat hajian. Kita dari awal memang jual mukena juga. Tapi karena nggak ada pembeli untuk hajian jadi kita ganti mukena semua,” kata Sunarto ketika ditemui detikcom di Blok B Tanah Abang, Jakarta, Kamis (30/7/2020).

Baca Juga :


PT RIFAN FINANCINDO | Sosialisasi Perdagangan Berjangka Harus Lebih Agresif: Masih Butuh Political Will Pemerintah
PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA | Rifan Financindo Berjangka Gelar Sosialisasi Cerdas Berinvestasi
PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA | PT Rifan Financindo Berjangka Buka Workshop Apa Itu Perusahaan Pialang, Masyarakat Harus Tahu
RIFAN FINANCINDO | Kerja Sama dengan USU, Rifan Financindo Siapkan Investor Masa Depan
PT RIFAN | Bursa Berjangka Indonesia Belum Maksimal Dilirik Investor
RIFANFINANCINDO | Rifan Financindo Intensifkan Edukasi
RIFAN FINANCINDO BERJANGKA | Berburu keuntungan berlimpah melalui industri perdagangan berjangka komoditi
RIFAN | Rifan Financindo Optimistis Transaksi 500.000 Lot Tercapai
PT. RIFAN FINANCINDO BERJANGKA | Sharing & Diskusi Perusahaan Pialang Berjangka PT. RFB
PT. RIFAN | PT Rifan Financindo Berjangka Optimistis PBK Tetap Tumbuh di Medan
RIFAN BERJANGKA | Bisnis Investasi Perdagangan Berjangka Komoditi, Berpotensi tapi Perlu Kerja Keras
PT. RIFAN FINANCINDO | JFX, KBI dan Rifan Financindo Hadirkan Pusat Belajar Futures Trading di Kampus Universitas Sriwijaya
PT RIFANFINANCINDO | RFB Surabaya Bidik 250 Nasabah Baru hingga Akhir Tahun
PT RFB | PT RFB Gelar Media Workshop
PT RIFANFINANCINDO BERJANGKA | Mengenal Perdagangan Berjangka Komoditi, Begini Manfaat dan Cara Kenali Penipuan Berkedok PBK
RFB | RFB Masih Dipercaya, Transaksi Meningkat.

Tokonya yang bernama Vinda itu memang terpantau sepi pembeli. Dari penampakan tokonya, tak ada lagi pajangan pakaian ihram, gamis, serta pakaian haji dan umroh lainnya.

“Kita sudah buka itu dari 15 Juni. Yang tadinya masih gantian, ganjil-genap. Sekarang nggak. Tapi masih sedikit yang beli,” ujar Sunarto.

Tak jauh berbeda, Hinda seorang pedagang pakaian haji dan umroh (Toko Aulia) di Blok A Tanah Abang juga mengaku sepi pembeli.

“Pembelinya lebih dari separuh kalau dibandingkan tahun 2019, parah. Kan karena keadaan kayak begini ya,” tutur Hinda.

Ia mengatakan, tokonya kini fokus menjual pakaian untuk siswa-siswi pesantren karena tak ada lagi yang membeli peralatan haji dan umroh.

“Kita jual pakaian ihram, gamis, sepatu haji. Tapi karena haji dan umroh batal jadi nggak ada yang beli. Sekarang paling jual pakaian anak laki-laki, kayak celana. Lagi ramai ke pesantren soalnya,” imbuh dia.

Nasib itu juga dialami oleh seorang pedagang air zam-zam, kurma, dan suvenir haji yang bernama Deden Hajri.

“Kondisi seperti ini kita tahu semua karena pandemi Corona ini belum selesai, ya beginilah. Semuanya serba turun drastis. Kalau ngomongin ekonomi jelas kita kena imbasnya. Apalagi kita yang jualan oleh-oleh. Sudah haji nggak ada, umroh belum tentu ada, ya dampaknya otomatis,” jelas Deden ketika ditemui detikcom.

Tak hanya Deden, Yoga yang juga menjual oleh-oleh haji dan umroh di samping gedung Blok B Tanah Abang, atau tepatnya di dekat Masjid Jami Al Ma’mur juga membenarkan hal tersebut. Ia pun mengaku sejak membuka tokonya pada pukul 07.30 WIB tadi baru menerima sekitar 2 pembeli.

“Pembelinya pasti jauh beda kalau dibandingkan tahun lalu. Oleh-oleh haji nggak ada yang belanja lagi, kayak suvenir cangkir-cangkir begitu. Paling yang belanja itu beli kurma, air zam-zam paling beli 1 liter. Kalau yang 5 liter sudah nggak ada sama sekali yang beli,” ungkap Yoga ketika ditemui detikcom di kawasan Pasar Tanah Abang. ( Mbs-Rifan-Financindo-Berjangka )


Lihat : PT Rifan Financindo

Sumber : finance.detik

     PT Rifan FinancindoRifanfinancindoRifan Financindo

Leave a comment