Uncategorized

PT Rifanfinancindo | Buntut Penumpang Garuda Positif Corona, Keberangkatan Pesawat Dievaluasi

PT Rifan Financindo – Jakarta Buntut penumpang pesawat Garuda Indonesia GA 682 Jakarta-Sorong positif Corona, Gugus Tugas COVID-19 akan mengevaluasi keberangkatan pesawat di bandara Soekarno Hatta.

Prosedur Protokol Kesehatan keberangkatan dan kedatangan penumpang pesawat, baik rute domestik maupun internasional di Bandara Soekarno-Hatta, berada di bawah Satgas Udara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

Ketua Satgas Udara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kolonel Pas M.A Silaban (TNI AU) mengatakan, seluruh stakeholder di Soekarno-Hatta memiliki wewenang masing-masing untuk memastikan bahwa setiap stakeholder menerapkan prosedur protokol kesehatan.

Berkaitan dengan adanya kejadian satu penumpang pesawat positif COVID-19 yang terbang dengan Garuda Indonesia GA 682 rute Jakarta – Sorong, Kolonel Pas M.A Silaban mengatakan Satgas Udara Gugus Tugas Percepatan COVID-19 akan mengevaluasi kinerja kolektif penerapan prosedur keberangkatan penumpang, khususnya penanganan prosedur kesehatan oleh maskapai, sebagaimana tertera dalam Surat Edaran Nomor 13/2020 dan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan (KKP Kemenkes) sebagai penanggung jawab pemenuhan persyaratan kesehatan penumpang sesuai Surat Edaran Nomor 6689/2020 dan Nomor 1698/2020 dari Kementerian Kesehatan.

Baca Juga :


PT RIFAN FINANCINDO | Sosialisasi Perdagangan Berjangka Harus Lebih Agresif: Masih Butuh Political Will Pemerintah
PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA | Rifan Financindo Berjangka Gelar Sosialisasi Cerdas Berinvestasi
PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA | PT Rifan Financindo Berjangka Buka Workshop Apa Itu Perusahaan Pialang, Masyarakat Harus Tahu
RIFAN FINANCINDO | Kerja Sama dengan USU, Rifan Financindo Siapkan Investor Masa Depan
PT RIFAN | Bursa Berjangka Indonesia Belum Maksimal Dilirik Investor
RIFANFINANCINDO | Rifan Financindo Intensifkan Edukasi
RIFAN FINANCINDO BERJANGKA | Berburu keuntungan berlimpah melalui industri perdagangan berjangka komoditi
RIFAN | Rifan Financindo Optimistis Transaksi 500.000 Lot Tercapai
PT. RIFAN FINANCINDO BERJANGKA | Sharing & Diskusi Perusahaan Pialang Berjangka PT. RFB
PT. RIFAN | PT Rifan Financindo Berjangka Optimistis PBK Tetap Tumbuh di Medan
RIFAN BERJANGKA | Bisnis Investasi Perdagangan Berjangka Komoditi, Berpotensi tapi Perlu Kerja Keras
PT. RIFAN FINANCINDO | JFX, KBI dan Rifan Financindo Hadirkan Pusat Belajar Futures Trading di Kampus Universitas Sriwijaya
PT RIFANFINANCINDO | RFB Surabaya Bidik 250 Nasabah Baru hingga Akhir Tahun
PT RFB | PT RFB Gelar Media Workshop
PT RIFANFINANCINDO BERJANGKA | Mengenal Perdagangan Berjangka Komoditi, Begini Manfaat dan Cara Kenali Penipuan Berkedok PBK
RFB | RFB Masih Dipercaya, Transaksi Meningkat.

“Kami sudah meminta keterangan mengenai kejadian ini, dan sejalan dengan itu kami memutuskan untuk mengevaluasi bagaimana prosedur keberangkatan dijalankan oleh maskapai dan KKP Kemenkes. Penumpang yang bersangkutan saat itu melakukan check-in bersama-sama rombongan yang berjumlah 43 orang,” dalam keterangan resmi yang diterima detikcom, Selasa (30/6/2020).

“Stakeholder berkoordinasi secara intensif terkait dengan pelaksanaan berbagai prosedur di Soekarno-Hatta, di tengah pandemi global COVID-19,” imbuh Kolonel Pas M.A Silaban.

Sementara itu, PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Soekarno-Hatta mendukung berjalannya prosedur keberangkatan dan kedatangan penumpang pesawat, dengan menyiapkan fasilitas fisik bandara sesuai protokol kesehatan, termasuk tempat pemeriksaan yang selalu higienis, persiapan seluruh petugas bandara sesuai protokol kesehatan, serta pengaturan flow penumpang untuk membantu tugas KKP Kemenkes menerapkan protokol kesehatan, sesuai kewenangannya di dalam Surat Edaran Nomor 13/2020 tentang Operasional Transportasi Udara dalam Masa Kegiatan Masyarakat Produktif dan Aman dari COVID-19.

“Kami sebagai pengelola bandara mendukung penuh terlaksananya protokol kesehatan di bandara dan akan terus bersinergi dengan seluruh stakeholder. Angkasa Pura 2 telah menerapkan prosedur protokol kesehatan pada seluruh personel pelaksana yang bertugas saat kejadian tersebut sesuai ketentuan. Kami juga menyiapkan fasilitas fisik bandara, seperti ruangan dan area yang higienis, serta berkoordinasi dengan seluruh stakeholder bandara guna mendukung berjalannya prosedur protokol kesehatan,” ujar Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi.


Sebelumnya, Direktur Utama PT Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, menyebut telah berkoordinasi dengan elemen terkait tentang kabar penumpang Garuda rute Jakarta-Sorong positif Corona (COVID-19).

“Sehubungan dengan informasi yang menyebutkan adanya penumpang positif COVID-19 di penerbangan Garuda Indonesia, rute Jakarta-Sorong, GA 682, pada hari Sabtu (27/6), dapat kami sampaikan bahwa Garuda Indonesia bersama-sama dengan stakeholder terkait terus melakukan koordinasi dan komunikasi intensif mengenai tindak lanjut atas kondisi tersebut guna memastikan prosedur protokol kesehatan penerbangan pada masa transisi new normal berjalan dengan optimal,” kata Irfan.

Irfan juga memastikan pesawat yang ditumpangi penumpang berinisial WY itu sudah mengikuti protokol kesehatan Corona. Dia juga mengatakan awak kabin yang bertugas saat ini sedang menjalani karantina mandiri.

“Garuda Indonesia juga telah menjalankan prosedur protokol kesehatan terhadap armada serta awak kabin yang bertugas pada penerbangan tersebut, melalui prosedur disinfeksi armada dan karantina mandiri,” dia menjelaskan.( Mbs-Rifan-Financindo-Berjangka )

Lihat : PT Rifan Financindo

Sumber : finance.detik

     PT Rifan Financindo, Rifanfinancindo, Rifan Financindo 

Leave a comment