Uncategorized

PT Rifan financindo | Orang Terkaya India, Umur 89 Tahun Berharta Rp 214 T

PT Rifan financindo – Jakarta India merupakan salah satu negara besar di Asia yang banyak diisi oleh para pebisnis ulung. Para konglomerat asal India juga lumayan banyak mengisi daftar orang terkaya di dunia yang dihimpun Majalah Forbes.

Salah satunya adalah Pallonji Shapoorji Mistry. Pria yang kini berusia 89 tahun tersebut adalah salah satu konglomerat tertua di India.

Pallonji Mistry memimpin perusahaan konstruksi raksasa yang bermarkas di Mumbai, Shapoorji Pallonji Group (SPG). SPG memiliki lebih dari 58.700 karyawan yang tersebar di anak-anak usahanya di bidang konstruksi, real estat, tekstil, peralatan rumah tangga, pelayaran, publikasi, dan bioteknologi.

Grup ini terlibat dalam bisnis dari tekstil ke real estate, perhotelan hingga otomatisasi bisnis. Perusahaan-perusahaan di bawah SPG termasuk Shapoorji Pallonji Engineering and Construction, Afcons Infrastructure, Forbes Textiles, Gokak Textiles, Eureka Forbes, Forbes and Co, SP Construction Materials Group, SP Real Estate dan Next Gen.

Baca juga:​

SPG telah membangun beberapa bangunan paling ikonik di India – The Taj Mahal Palace and Towers dan The Oberoi Hotel, Mumbai-Pune Expressway, Brabourne Stadium, World Trade Center di Mumbai, serta istana Sultan di Oman dan istana presiden di Ghana. Hal itu menandai betapa berkuasanya SPG akan bisnis konstruksi di India.

Dia bersama dengan putra-putranya, juga mengendalikan 18,5% saham di Tata Sons, perusahaan induk dari Tata Group senilai US$ 100 miliar. Lewat gurita bisnisnya tersebut, jumlah hartanya saat ini mencapai US$ 14,8 miliar atau setara Rp 214,6 triliun (kurs Rp 14. 500).

Mistry sendiri adalah orang India keturunan Irlandia. Ayahnya menikah dengan seorang wanita berkewarganegaraan Irlandia.

Baca juga:

Pada 2012, Forbes memperkirakan kekayaannya menjadi 53.350 crore, dan memberinya predikat sebagai orang terkaya keturunan Parsi serta orang Irlandia terkaya di dunia.

Yang menarik dari Mistry adalah sifatnya yang sangat rendah hati. Sebagai seorang pria dengan kekayaan, kekuasaan, dan posisi yang tinggi, ia memiliki profil yang sangat rendah dan sangat jarang dilihat atau didengar di ruang publik.

Orang terkaya nomor 5 di India ini jarang terlihat atau terdengar di ruang publik. Padahal, dia mengendalikan sebuah konglomerasi konstruksi raksasa yang beroperasi di seluruh India, Asia Barat dan Afrika.

Baca juga: Mantan PNS Jadi Orang Terkaya China Berharta Rp 329 T

Anda tidak akan pernah menemukan dia memberikan wawancara atau membuat penampilan publik. Dan dia juga mempertahankan profil yang bersih, tanpa skandal dan kontroversi.

Meski tak eksis di media, Pallonji terbilang bertangan dingin. Berkat sentuhannya pula, SP Group bisa besar seperti sekarang. Sebelum dikelola Pallonji, perusahaan tersebut dirintis sang ayah yakni Shapoorji. Ayah Pallonji kemudian menyerahkan bisnis Shapoorji Pallonji Group kepadanya agar bisnis konstruksi berumur panjang.

Pria kelahiran tahun 1929 ini, memiliki empat anak dari pernikahannya dengan Patsy Perin Dubash. Patsy merupakan wanita berkewarganegaraan Irlandia. Karena pernikahannya tersebut, Pallonji memiliki dua kewarganegaraan yakni India dan Irlandia.

Pasangan ini memiliki empat orang anak, yakni dua anak laki-laki Shapoor Mistry dan Cyrus Mistry. Serta dua anak perempuan bernama Aloo Mistry dan Laila Mistry. Dua anak laki-lakinya dididik menjadi pengusaha.  ( Mbs-Rifan-Financindo-Berjangka )

Lihat : PT Rifan financindo

Sumber : finance.detik

Baca juga :


Leave a comment