Uncategorized

PT Rifanfinancindo | Indonesia Bakal Punya Pusat Pasar Kerja di 2022, Apa Itu?

PT Rifan Financindo – Jakarta Kementerian Ketenagakerjaan saat ini tengah menyiapkan pembentukan Pusat Pasar Kerja. Rencananya, Pusat Pasar Kerja ini bisa mulai operasional per 2022 mendatang.

“Tahun 2021 ini kami menyiapkannya, mudah-mudahan akan selesai dan tahun 2022 kita bisa operasionalkan Pusat Pasar Kerja ini,” ujar Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dalam Rapat Kerja dengan Komisi IX DPR RI, BP2MI dan BPJS Ketenagakerjaan secara virtual, Selasa (16/3/2021).

Adapun tujuan dari dibentuknya Pusat Pasar Kerja ini adalah untuk menciptakan sistem pasar kerja yang relevan, handal, efisien, fokus dan komprehensif. Singkatnya, menciptakan sistem pasar kerja yang mampu meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Menurut Ida, sistem pasar kerja Indonesia masih jauh dari kata optimal dan perlu banyak perbaikan. Secara garis besar permasalahan pasar kerja Indonesia meliputi banyaknya lulusan pendidikan yang bekerja tidak sesuai dengan bidangnya. Selanjutnya, kalau pun sesuai, hasilnya kurang efisien, lalu kurangnya jumlah tenaga kerja yang sesuai, dan rendahnya produktivitas tenaga kerja Indonesia.

Baca Juga :



PT RIFAN FINANCINDO | Sosialisasi Perdagangan Berjangka Harus Lebih Agresif: Masih Butuh Political Will Pemerintah
PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA | Rifan Financindo Berjangka Gelar Sosialisasi Cerdas Berinvestasi
PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA | PT Rifan Financindo Berjangka Buka Workshop Apa Itu Perusahaan Pialang, Masyarakat Harus Tahu
RIFAN FINANCINDO | Kerja Sama dengan USU, Rifan Financindo Siapkan Investor Masa Depan
PT RIFAN | Bursa Berjangka Indonesia Belum Maksimal Dilirik Investor
RIFANFINANCINDO | Rifan Financindo Intensifkan Edukasi
RIFAN FINANCINDO BERJANGKA | Berburu keuntungan berlimpah melalui industri perdagangan berjangka komoditi
RIFAN | Rifan Financindo Optimistis Transaksi 500.000 Lot Tercapai
PT. RIFAN FINANCINDO BERJANGKA | Sharing & Diskusi Perusahaan Pialang Berjangka PT. RFB
PT. RIFAN | PT Rifan Financindo Berjangka Optimistis PBK Tetap Tumbuh di Medan
RIFAN BERJANGKA | Bisnis Investasi Perdagangan Berjangka Komoditi, Berpotensi tapi Perlu Kerja Keras
PT. RIFAN FINANCINDO | JFX, KBI dan Rifan Financindo Hadirkan Pusat Belajar Futures Trading di Kampus Universitas Sriwijaya
PT RIFANFINANCINDO | RFB Surabaya Bidik 250 Nasabah Baru hingga Akhir Tahun
PT RFB | PT RFB Gelar Media Workshop
PT RIFANFINANCINDO BERJANGKA | Mengenal Perdagangan Berjangka Komoditi, Begini Manfaat dan Cara Kenali Penipuan Berkedok PBK
RFB | RFB Masih Dipercaya, Transaksi Meningkat.

Selain itu, Sistem Informasi Pasar Kerja (SIPK) Indonesia pun masih sangat terbatas. Hasil studi Bappenas dan Bank Dunia (2020) menunjukkan bahwa SIPK Indonesia masih berada di tingkat dasar menuju menengah. Jauh berbeda dengan negara lain seperti Korea Selatan yang sudah punya SIPK pada level advance.

Untuk itu, Indonesia butuh Pusat Pasar Kerja. Pusat Pasar Kerja ini nantinya akan memiliki pusat data ketenagakerjaan yang lengkap, juga punya berbagai panduan di dunia ketenagakerjaan seperti panduan pelatihan tenaga kerja, panduan pekerjaan yang dibutuhkan, panduan pengembangan pendidikan dan pelatihan yang dibutuhkan untuk mengisi pekerjaan, dan lain sebagainya.

Sehingga, kemudian memudahkan para pemberi kerja atau pengusaha mendapatkan pekerja yang sesuai dengan yang dibutuhkan. Demikian juga, bermanfaat bagi para pencari kerja sehingga lebih mudah mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidangnya sekaligus membantu meningkatkan kemampuan tenaga kerja Indonesia ke depan agar lebih kompetitif dan produktif.

Sejauh ini, Kemenaker sudah mengantongi Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) yang nantinya akan menggerakkan Pusat Pasar Kerja tersebut dan masih dalam proses pengisian jabatan.

“Sudah ada SOTK nya sekarang dalam proses pengisian jabatannya, kami mohon dukungan,” katanya.

Nantinya, Pusat Pasar Kerja ini akan berkantor pusat di gedung Yayasan Tenaga Kerja Indonesia (YTKI), Kuningan, Jakarta Selatan yang baru dihibahkan ke Kemenaker per Desember 2019 lalu.

“Kami diberi kesempatan untuk menggunakan gedung YTKI, salah satu fungsi gedung ini nanti, gedung di belakang, akan kami gunakan sebagai Pusat Informasi Pasar Kerja,” imbuhnya.

 ( Mbs-Rifan-Financindo-Berjangka )
Lihat : PT Rifan Financindo
Sumber : finance.detik
 PT Rifan FinancindoRifanfinancindoRifan Financindo  PT Rifan  

Leave a comment