Uncategorized

PT Rifanfinancindo | Strategi Pemulihan Sektor Perikanan di Masa Pandemi

PT Rifan Financindo – Jakarta Sektor usaha kelautan dan perikanan salah satu yang terdampak pandemi Corona (COVID-19). Namun, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia optimistis sektor itu masih bisa tumbuh dan tetap jadi salah satu ujung tombak ekonomi.

“Sebenarnya pada 2020 geliat pasar menurun sehingga ikut menurunkan daya beli. Walaupun begitu sektor ini masih mampu bertahan,” kata Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Kelautan dan Perikanan, Yugi Prayanto dalam keterangan tertulis, Kamis (14/1/2021).

Berdasarkan catatannya, pada 2020 ekspor produk perikanan year on year (YoY) naik lebih dari 7% dibanding 2019 dan mampu menekan impor produk sektor ini lebih dari 12% dibanding tahun sebelumnya, sehingga neraca produk perikanan naik lebih dari 9% dibanding tahun sebelumnya.

Atas dasar itu sektor kelautan dan perikanan dianggap masih kuat dalam mendongkrak perekonomian nasional di masa sulit akibat pandemi COVID-19. Dengan telah dimulainya vaksinasi, kata Yugi membawa angin segar bagi pemulihan perekonomian dan iklim dunia usaha, termasuk sektor kelautan dan perikanan.

“Tentunya itu membawa harapan bagi kami, para pelaku usaha. Sekarang lah momen terbaik untuk memacu produk dari sektor perikanan, tidak hanya untuk optimalisasi pasar domestik tapi juga pasar Internasional yang lebih luas,” kata Yugi.

Baca Juga :



PT RIFAN FINANCINDO | Sosialisasi Perdagangan Berjangka Harus Lebih Agresif: Masih Butuh Political Will Pemerintah
PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA | Rifan Financindo Berjangka Gelar Sosialisasi Cerdas Berinvestasi
PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA | PT Rifan Financindo Berjangka Buka Workshop Apa Itu Perusahaan Pialang, Masyarakat Harus Tahu
RIFAN FINANCINDO | Kerja Sama dengan USU, Rifan Financindo Siapkan Investor Masa Depan
PT RIFAN | Bursa Berjangka Indonesia Belum Maksimal Dilirik Investor
RIFANFINANCINDO | Rifan Financindo Intensifkan Edukasi
RIFAN FINANCINDO BERJANGKA | Berburu keuntungan berlimpah melalui industri perdagangan berjangka komoditi
RIFAN | Rifan Financindo Optimistis Transaksi 500.000 Lot Tercapai
PT. RIFAN FINANCINDO BERJANGKA | Sharing & Diskusi Perusahaan Pialang Berjangka PT. RFB
PT. RIFAN | PT Rifan Financindo Berjangka Optimistis PBK Tetap Tumbuh di Medan
RIFAN BERJANGKA | Bisnis Investasi Perdagangan Berjangka Komoditi, Berpotensi tapi Perlu Kerja Keras
PT. RIFAN FINANCINDO | JFX, KBI dan Rifan Financindo Hadirkan Pusat Belajar Futures Trading di Kampus Universitas Sriwijaya
PT RIFANFINANCINDO | RFB Surabaya Bidik 250 Nasabah Baru hingga Akhir Tahun
PT RFB | PT RFB Gelar Media Workshop
PT RIFANFINANCINDO BERJANGKA | Mengenal Perdagangan Berjangka Komoditi, Begini Manfaat dan Cara Kenali Penipuan Berkedok PBK
RFB | RFB Masih Dipercaya, Transaksi Meningkat.

Perubahan tren saat ini dianggap semakin menguntungkan karena penggunaan teknologi yang semakin mendekatkan rantai suplai produk perikanan kepada pasar, sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan permintaan akan produk siap olah seperti produk dalam kemasan dan ikan beku.

“Semakin banyaknya permintaan maka semakin banyak juga tantangan yang akan dihadapi dan harus menjadi perhatian bersama, beberapa hal yang menjadi perhatian adalah negara-negara tujuan ekspor produk perikanan Indonesia mengetatkan persyaratan keamanan pangan yang akan masuk, beberapa diantaranya adalah penerapan prinsip keberlanjutan,” ungkap Yugi.

Dia mengatakan Indonesia perlu fokus terhadap upaya peningkatan produksi terutama pada sektor perikanan. Setidaknya ada tiga yang disarankan untuk jadi fokus utama yaitu perikanan tangkap, budidaya dan hasil olahan.

Tiga fokus utama itu harus diperlukan inovasi teknologi dan strategi pemasaran yang baik dalam pengelolaan hasil produksi sektor perikanan, sehingga ada lima komoditas yang dapat digenjot produksinya yaitu udang dan tuna-cakalang, rajungan-kepiting, cumi-sotong-gurita dan rumput laut sebagai produk potensial lainnya.

“Harapannya di tahun 2021 ini pemerintah agar dapat ikut meningkatkan promosi ekspor produk perikanan Indonesia terutama pada lima komoditas ini dengan memperhatikan tiga fokus utama yang dijadikan dasar pengembangan produk perikanan ini,” kata dia.

 ( Mbs-Rifan-Financindo-Berjangka )
Lihat : PT Rifan Financindo
Sumber : finance.detik
 PT Rifan FinancindoRifanfinancindoRifan Financindo  PT Rifan

Leave a comment