Uncategorized

RIFANFINANCINDO PEKANBARU | Dolar AS Menguat Pasca FOMC September 2018

RIFANFINANCINDO PEKANBARU – Dolar AS menguat di sesi perdagangan Kamis (27/Sep) sore ini, setelah rapat FOMC menaikkan suku bunga ke level 2.00% – 2.25% dini hari tadi. Pengumuman tersebut kemudian diikuti dengan konferensi pers Ketua The Fed Jerome Powell. Sosok tersebut memberikan pernyataan yang menjelaskan lebih rinci mengenai kebijakan moneter bank sentral AS.

Baca juga: 

Menghilangkan Kata “Akomodatif”

Kenaikan suku bunga bulan The Fed September ini memang sudah diperkirakan luas oleh pasar. Selain itu, dalam pernyataan kebijakannya juga, The Fed mengisyaratkan potensi untuk menaikkan suku bunga lagi pada bulan Desember mendatang, tiga kali tahun depan, dan sekali lagi di tahun 2020.

powell

The Fed juga menghilangkan istilah “akomodatif” dalam uraian kebijakannya bulan ini. Akibatnya, muncul perdebatan apakah penghilangan istilah tersebut cenderung ke hawkishdovish, ataukah indikasi bahwa The Fed akan segera mengakhiri era kebijakan akomodatif menuju kebijakan netral.

Namun Powell memberikan pernyataan yang cukup meredam perdebatan tersebut dengan mengatakan, “Perubahan (kata) bukanlah sinyal adanya perubahan pula dalam jalur kebijakan. Namun, itu lebih kepada sinyal bahwa kebijakan sedang berjalan sesuai dengan yang kami ekspektasikan.”

Menurut Marvil Loh, Pakar Pasar Global dari BNY Mellon di Boston, penghilangan kata “akomodatif” tidak mengindikasikan bahwa suku bunga netral sedang dalam radar The Fed; FOMC memang akan memerlukan penyesuaian kebijakan moneter terbatas di tahun depan. Menurut pandangan Loh, hal itu merupakan sentimen yang agak dovish.

Baca juga: 

Indeks Dolar AS Menguat

Beberapa saat setelah kebijakan moneter The Fed dirilis, Indeks Dolar (DXY) hanya menunjukkan kenaikan terbatas. Namun, menjelang pembukaan sesi Eropa saat berita ini ditulis, DXY melonjak ke level 94.58, dari sebelumnya di 94.27.

dxy

 

EUR/USD melemah dengan penurunan 0.2% ke angka 1.1699 sore ini. Namun terhadap Yen, Dolar AS justru melemah. Pasangan mata uang USD/JPY sore ini turun dari angka 112.89 ke 112.57. ( Mbs-Rifan-Financindo-Berjangka )

Lihat : Rifanfinancindo

Sumber : seputarforex.com

Baca juga :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s